Berbagi Pengalaman Agar Cepat Diterima Kerja

Bekerja adalah salah satu cara untuk dapat memiliki penghasilan guna untuk memenuhi kebutuhan hidup, bekerja ini dapat pada perusahaan swasta ataupun perusahaan negeri. Banyaknya jumlah gaji yang ditawarkan oleh masing-masing perusahaan itu sesuai dengan posisi yang akan didapatkan jika sudah bekerja di perusahaan tersebut.

Untuk mendapat posisi yang cocok maka dibutuhkan kepandaian dalam melamar pekerjaan saat perusahaan membuka lowongan. Surat lamaran ini dapat dibuat dengan kemampuan kita sendiri atau juga bisa dengan mengikuti contoh surat lamaran kerja yang ada di artikel online. Surat lamaran ini sama saja dengan pengenalan diri kita ke pihak perusahaan supaya mereka mengetahui informasi diri kita sebelum bertemu secara langsung. Banyak kendala yang mengakibatkan lamaran kerja ini tidak diterima oleh perusahaan dan inilah yang membuat pelamar merasa kecewa.

Tips Jitu Agar Diterima Kerja Dengan Cepat

Bekerja memang tujuan utama masyarakat di Indonesia, sekolah yang dijalani selama berpuluh-puluh tahun nantinya akan menjadi modal untuk mencari pekerjaan. Bekal ilmu dari sekolah inilah yang akan menjadi tolak ukur perusahaan menilai kemampuan dari pelamar saat melihat contoh surat lamaran kerja dari pelamar. Jika dari sekolahnya saja sudah bagus maka kualitas pelamar pasti bagus. Selain ilmu ada hal lain pula yang menjadi pertimbangan perusahaan saat mau mencari karyawan, jika pelamar tidak tahu akan hal tersebut maka sangat sulit dapat pekerjaan.

Melamar pekerjaan itu jangan dilakukan satu kali saja dan pada perusahaan satu saja tetapi harus membuat banyak lamaran dan juga perusahaan yang banyak supaya ada banyak pilihannya. Namanya melamar pasti ada saatnya akan gagal dan akan sukses semua itu tergantung dari keberuntungan masing-masing pelamar. Ada pelamar yang ternyata berkualitas tetapi tidak diterima karena kurang beruntung, untuk menghindari kurang beruntungnya saat melamar ini maka ikutilah tips berikut untuk cepat bekerja.

  • Melakukan Riset

Untuk cepat diterima bekerja sebelum membuat surat untuk lamaran harus melakukan riset mengenai contoh surat lamaran kerja yang baik, jadi jangan membuat surat yang asal-asalan. Dengan pembuatan surat yang benar maka perusahaan akan memandang pelamar lebih baik lagi dan akan mempertimbangkan untuk menerima pelamar. Selain riset akan surat pelamar juga harus memperhatikan perusahaan membuka lowongan itu sesuai dengan kemampuan dan minat kita atau tidak. Jika tidak sebaiknya jangan melamar karena kemungkinannya untuk keterima sangatlah kecil, pilih saja yang sesuai kemampuan yang dimiliki. Menurut riset yang telah dilakukan hampir 50% pihak HRD perusahaan akan lebih memilih pelamar yang kemampuannya lebih cocok dengan bagian yang kosong dari pada menjaring pelamar yang kemampuannya berbeda.

  • Memperhatikan Bahasa tubuh

Tips berikutnya adalah pelamar harus memperhatikan setiap bahas tubuh yang digunakan, sebab penguji akan tahu kemampuan dan juga sifat dari pelamar itu dari bahasa tubuhnya. Memang untuk pertama kali bertemu penguji tidak akan mengetahui apakah pelamar itu baik atau tidak, jadi penguji akan melihat dulu dari bahas tubuh yang sering dilakukan pelamar. Agar diterima pelamar harus terlihat percaya diri dan jangan minder apalagi bertingkah tidak wajar atau tergesa-gesa jelas ini akan menjadi nilai negatif pelamar. Akan lebih baik jika pelamar itu lebih banyak senyum dan jangan sampai menyilangkan tangan atau kakinya, karena hal tersebut tidak sopan. Jangan sekali-kali memalingkan wajah dari penguji karena dianggap tidak menghargai penguji, jadi tatap langsung mata penguji untuk menunjukkan kesungguhan.

  • Berbusana Yang Rapi Dan Sopan

Tips yang terakhir adalah pelamar harus memperhatikan busana yang dipakainya jangan sampai berpakaian yang kurang sopan. Jika pelamar bingung mau memakai baju apa saat wawancara maka pelamar harus memakai baju yang resmi dan wajar dipakai saat acara seperti itu. Untuk busana yang sangat cocok dipakai adalah kemeja putih dan celana kain hitam, jika tidak memiliki maka lebih baik memakai baju batik yang dipadukan dengan celana hitam. Karena penampilan itu menjadi nilai tambah waktu pengujian maka sangat perlu diperhatikan, sudah banyak pelamar yang tidak memperhatikan hal tersebut dan mengalami kegagalan saat mencari pekerjaan.

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Melamar Pekerjaan

Sebagai pelamar itu harus paham akan hal yang tidak diperbolehkan dilakukan saat melamar sebuah pekerjaan, hal tersebutlah yang kadang menjadi penyebab tidak diterima. Untuk hal yang paling dilarang adalah pelamar tidak boleh sombong, baik saat menerangkan data diri pada CV di contoh surat lamaran kerja atau saat masuk ke tahap wawancara. Pelamar lebih baik merendah saja jika ditanya oleh penguji, jangan sampai melebih-lebihkan kemampuan atau juga menyombongkan pernah menuntut ilmu di sekolah mana saja. Lebih baik menjawab semua pertanyaan dengan percaya diri dan dengan rendah hati supaya pelamar mendapat nilai tambahan.