5 Teknologi Medis Terbaru Untuk Jantung Koroner

Perkembangan teknologi di dunia medis menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu. Apalagi dalam menangani masalah kesehatan yang cukup membahayakan nyawa masyarakat. Salah satunya adalah penyakit kardiovaskuler. Pengobatan jantung koroner  ini sangat penting dengan menggunakan teknologi yang semakin canggih. Tentu saja, karena diharapkan semakin canggih teknologi yang ada maka semakin baik pula proses pengobatan tersebut. Sehingga memang teknologi yang canggih sangat dibutuhkan untuk bisa memberikan kesembuhan bagi para penderita penyakit kardiovaskuler ini.

Beberapa Teknologi Canggih Di Dunia Medis

Penyakit jantung memang menjadi salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kematian terbesar. Tidak sedikit orang yang meninggal disebabkan oleh penyakit ini. Sehingga para dokter banyak yang mengharapkan pengobatan dengan menggunakan teknologi yang canggih. Dengan adanya kemajuan dalam penanganan penyakit ini maka diharapkan akan ada banyak nyawa yang bisa diselamatkan. Dengan begitu, tidak akan banyak lagi pasien yang meninggal disebabkan oleh penyakit jantung. Tentu saja, karena sudah ada pengobatan yang cukup menjanjikan kesembuhan bagi para pasien. Berikut ini adalah beberapa teknologi canggih dalam pengobatan penyakit yang mematikan.

  1. Stent

Stent merupakan salah satu teknologi yang bisa digunakan untuk pengobatan jantung koroner. Teknologi ini menggunakan pemasangan cincin atau stent pada bagian jantung yang  bermasalah. Teknik adalah salah satu teknik yang efektif dan juga aman dalam mengobati penyakit jantung ini. Terutama penyakit jantung dengan riwayat diabetes. Pemasangan ini tidak dilakukan bius total, sehingga memang aman. Teknologi ini memang baru-baru ini ada di Indonesia. Akan tetapi, sudah banyak orang yang menggunakan ini untuk mengobati jantungnya yang sakit.

  1. Operasi bypass

Operasi ini dilakukan dengan sangat hati-hati. Tentu saja, karena operasi ini dilakukan dengan membedah bagian organ jantung yang bermasalah. Sehingga dibutuhkan kehatian-hatian yang cukup tinggi. Pasien juga tentunya akan dibius total saat melakukan pengobatan dengan teknologi yang satu ini.

  1. Stem cell

Teknologi canggih berikutnya yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit kardiovaskuler adalah dengan melakukan stem cell. Teknologi ini memang baru-baru ini diterapkan. Pengobatan dengan stem cell dilakukan dengan menginjeksikan stem cell pada pasien jantung secara langsung. Tentunya teknologi ini tidak akan membahayakan pasiennya apabila dilakukan oleh ahli jantung itu sendiri. Oleh karena itu, apabila Anda ingin menggunakan teknologi untuk mengobati jantung Anda maka pilihlah tempat yang benar-benar bisa melakukannya dengan baik. Sebab jika tidak dilakukan oleh para ahli maka hasilnya tentu akan sangat fatal.

  1. LV Assist device

Teknologi yang satu ini sebenarnya diterapkan untuk para penderita gagal jantung. Teknologi ini dibuat untuk bisa menggerakkan jantung. Jadi pompa jantung bisa diperkuat lagi, sehingga pompa yang sebelumnya melemah jadi makin kuat. Penderita gagal jantung biasanya terjadi gerakan dinding jantung yang tidak sinkron, sehingga pompa jantung jadi melemah. Oleh karena itu, LV assist device bisa mengatasi kondisi yang seperti ini.

  1. Cardiac Resynchronization Therapy (CRT)

Pengobatan jantung koroner dengan teknologi ini merupakan pengobatan dengan menggunakan alat kecil yang nantinya dipasangkan ke bagian jantung. Tujuannya adalah untuk mengembalikan gerakan dinding jantung supaya sinkron kembali. CRT ini sudah cukup banyak dan sering dilakukan di Indonesia. Hasilnya juga memuaskan. Banyak penderita penyakit jantung yang bisa membaik dengan menggunakan pengobatan yang satu ini. Tetapi, karena ini adalah salah satu terapi, maka untuk mendapatkan manfaatnya haruslah bersabar.

Teknologi Canggih Di Bidang Medis

Teknologi yang semakin canggih di dunia medis tentu sangat dibutuhkan. Apabila tidak ada teknologi yang canggih dan terus berkembang hingga sekarang maka pengobatannya setiap penyakit akan semakin lama. Berbeda dengan adanya kemajuan teknologi seperti sekarang. Pengobatan jadi semakin canggih dan penyakit bisa cepat disembuhkan tentunya.

Salah satu dampak positif dari kemajuan teknologi adalah pengobatan jantung koroner jadi lebih terjamin. Meskipun penyakit ini merupakan penyakit yang sangat ganas dan mematikan, tetapi kemajuan teknologi setidaknya sedikit bisa mengatasinya. Oleh karena itu, pengetahuan Anda harus terus bertambah terkait dengan hal-hal seperti ini. Sehingga Anda bisa tahu pengobatan yang cocok.