Tips Menghindari Hoax di Aplikasi Berita Terpopuler

Perkembangan teknologi informasi saat ini sudah semakin pesat. Ada berbagai berita yang dapat kamu akses secara mudah dari berbagai belahan dunia. Contohnya saja seperti pada Butirstudio yang mampu memberikan berita terkini sekaligus update terbaru seputar teknologi.

Menghindari Hoax di Aplikasi Berita

Di luaran sana, sebenarnya masih banyak lagi aplikasi dan website yang dapat kamu akses untuk mendapatkan semua pemberitaan tersebut. Akan tetapi, tidak semuanya memberikan berita yang benar dan malah cenderung memberikan hoax. Lantas, bagaimana cara menghindarinya?

  • Tidak terpancing judul clickbait

Bila dicermati, sering kali berita-berita hoax memberikan judul sensasional dan provokatif. Bahkan tidak jarang judul yang dituliskan langsung mengarah pada pihak tertentu dengan kesan yang negatif dan menimbulkan persepsi berbeda dengan aslinya.

Dari segi isi, sering kali ditemui isi yang sama dengan berita resmi hanya saja diubah dan dibumbui sedemikian rupa. Kalau kamu menemui hal demikian, sebaiknya cari lagi referensi berita serupa untuk mengetahui keasliannya.

  • Memeriksa keaslian data dan fakta

Ketika membaca suatu berita, selalu pastikan apakah ada sumber yang valid dan berasal dari institusi resmi? Apalagi jika itu tidak berasal dari website Butirstudio alias situs lain yang mencurigakan. Jika demikian, maka kamu harus waspada dan mencurigainya sebagai berita hoax.

Selain itu, pastikan juga gambar atau video yang beredar kamu cek kembali secara utuh. Sebab, banyak berita hoax muncul karena gambar atau video yang terpotong-potong sehingga tidak berimbang. Pastikan juga kamu cek keaslian foto dan mengecek apakah itu merupakan editan atau bukan.

  • Melaporkan ke pihak berwajib

Jika menerima berbagai sumber berita hoax, maka hal yang harus dilakukan adalah tidak segan melaporkannya ke pihak berwajib. Di situs berita atau aplikasinya, kamu bisa langsung melaporkannya pada link di website tersebut.

Kamu juga bisa melaporkan berita dan kabar hoax langsung melalui email kementerian informasi atau pada tim sosial media terkait jika berita tersebut berasal dari sosial media. Bahkan kini sudah ada beberapa LSM yang digunakan untuk menampung aduan hoax dari pada netizen.

Mengakses Berita Terpopuler dan Berimbang

Membaca dan mengakses berita hoax tentunya akan memberikan dampak negatif buatmu sendiri bahkan bagi orang lain. Jika kamu dianggap sebagai penyebar berita hoax, maka kamu bisa dikenakan UU ITE dengan ancaman hukuman penjara selama beberapa bulan.

Belum lagi dengan berita hoax yang dapat menimbulkan trauma bagi orang-orang yang dituju. Selain mengganggu psikis, hal tersebut juga dapat membuat kepanikan banyak orang. Dampak yang ditimbulkan bisa sangat luas dan pastinya bisa menyebabkan kerugian.

Untuk bisa mendapatkan berita yang benar, populer, namun berimbang, tentunya bukan perkara yang sulit namun juga tidak selalu mudah. Bahkan di website berita yang paling populer pun, kabar hoax bisa saja terbit dan meresahkan.

Kalau kamu kebetulan mendapatkan berita yang populer namun ternyata hoax, selalu pastikan kamu juga tidak mudah terpancing untuk menyebarkannya ke sosial media atau ke rekan-rekanmu. Teliti kembali isi dan fakta yang ada seperti di Butirstudio.com sebelum kemudian membagikannya.

Dalam mengonsumsi berita apapun, kamu harus selalu waspada dan cermat. Jangan hanya membaca judul dan tulisan awal, kemudian menyimpulkan isinya. Meningkatkan lagi kecermatan berbagai berita terpercaya tentunya adalah suatu keharusan supaya Indonesia bebas dari berita hoax dan literasi membaca semakin meningkat.