Strategi Marketing Untuk Owner Produk

Supaya barang maupun jasa yang ditawarkan kepada konsumen dapat dikenal dan juga digunakan oleh banyak orang, maka hal penting yang harus dilakukan ialah dengan mempromosikan produk tersebut. Salah satunya seperti TaoBao Indonesia yang berhasil melakukan promosi websitenya di Indonesia.

Adanya teknik promosi yang dilakukan setidaknya dapat meningkatkan sebuah brand awareness sehingga para konsumen mengetahui produk yang dijual oleh produsen. Akan tetapi sebelum melakukan promosi atau marketing setiap produsen haruslah mengetahui strategi marketing yang perlu dilaksanakan nantinya.

Strategi marketing sendiri diperlukan supaya tujuan nanti dapat tercapai dengan baik. Lalu apa sebenarnya strategi marketing itu?

Strategi marketing sendiri merupakan seluruh strategi yang telah dirancang untuk nantinya digunakan sebagai alat promosi produk maupun jasa oleh sebuah perusahaan guna peningkatan penjualan produk tersebut.

Melakukan promosi barang bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan, terlebih jika harus menyeimbangkan antara pengeluaran dan juga pendapatan bisnis. Ketika tidak berhati-hati, bisa jadi bisnis yang dijalankan malah mendapatkan kerugian.

 

Oleh karena itu pada artikel ini akan dijelaskan beberapa strategi pemasaran suatu produk secara efektif dan efisien. Informasi selengkapnya akan dijelaskan di bawah ini.

Strategi Pemasaran Produk yang Efektif

Guna meningkatkan penjualan produk di sebuah perusahaan maka diperlukan strategi dan cara yang tepat supaya hasilnya juga dapat optimal. Seperti halnya TaoBao Indonesia yang merupakan marketplace asal China dengan strategi marketingnya yang sukses di Indonesia.

Terdapat beberapa strategi pemasaran produk yang efektif untuk diterapkan. Di antaranya yakni:

  • Memahami target pasar

Langkah awal dalam merumuskan strategi pemasaran ialah dengan memahami terlebih dahulu target pasar yang nantinya akan disasar, sehingga produk yang dipasarkan menjadi tepat sasaran.

Lakukan riset target pasar secara mendalam, karena dengan melakukan hal tersebut secara spesifik maka semakin besar juga peluang untuk sebuah bisnis menjadi sukses dalam menjangkau minat konsumen.

  • Optimalkan sosial media

Di era digital seperti sekarang ini, media sosial menjadi senjata yang sangat ampuh untuk mempromosikan produk tertentu. Selain banyak pengguna smartphone yang mengakses iklan promo tersebut, jangkauan untuk konsumen juga sangatlah luas.

Ya, promosi dapat dilakukan tidak terbatas waktu maupun tempat. Jadi dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Langkah awalnya adalah dengan membuat akun sosial media yang di dalamnya ada konten informatif yang terkait dengan produk yang dipasarkan.

Sosial media juga tidak hanya sekedar alat untuk promosi sebuah produk, melainkan juga dapat sebagai alat branding usaha sehingga nantinya perusahaan dapat mempunyai citra positif bagi masyarakat.

  • Merencanakan dana anggaran promosi

Sebelum melakukan promosi produk, sebaiknya seorang pebisnis merencanakan terlebih dahulu anggaran khusus yang nantinya diterapkan untuk promosi produk. Salah satu anggaran tersebut mencangkup anggaran penggunaan jasa influencer.

Maka dari itu diharuskan bagi seorang pebisnis untuk membuat anggaran yang khusus supaya nantinya tidak terjadi adanya kerugian pada sebuah unit usaha. Pastinya kerugian tersebut dapat terjadi karena biaya promosi yang membengkak dan tidak sejalan dengan hasil yang diperoleh di lapangan.

  • Menjalin hubungan yang baik dengan konsumen

Supaya jualan dan promosi dapat berjalan dengan lancar maka bangunlah hubungan yang baik dengan pelanggan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memahami kebutuhan dari pelanggan.

Cara ini juga efektif untuk mempertahankan agar pelanggan setia kepada perusahaan. Biaya yang dikeluarkan untuk menjaga konsumen tetap setia lebih sedikit dibandingkan dengan menarik pelanggan yang baru.

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan dapat dilakukan dengan memberikan rewards tertentu kepada pelanggan yang membeli produk sehingga nantinya pelanggan akan setia berbelanja produk yang dijual.

  • Menawarkan sampel sebuah produk

Setiap konsumen pastinya menyukai jika diberikan produk secara cuma-cuma dari perusahaan. Oleh karena itu, sebagai cara promosi yang efektif adalah dengan memberikan sampel produk yang baru tersebut kepada pelanggan.

Caranya sendiri dapat dengan mengadakan give away atau memberikannya secara langsung kepada konsumen dan meminta penilaian dari produk yang telah diberikan.

  • Memanfaatkan strategi digital marketing

Selain memanfaatkan sosial media, adanya teknologi sekarang juga harus dimanfaatkan untuk merancang strategi digital marketing yang efektif. Strategi digital marketing ini sangatlah ampuh untuk dijalankan di masa sekarang ini seperti yang dilakukan TaoBao Indonesia.

Selain karena banyak sekali orang yang telah menggunakan internet, promosi melalui digital juga menjadi efektif karena tidak terbatas tempat dan juga waktu. Selain itu jangkauan dari marketing ini juga tidak terbatas orang.

Ratusan bahkan ribuan pengguna internet dapat dijangkau dalam satu waktu secara mudah dan cepat. Strategi promosi produk menggunakan digital marketing di antaranya seperti iklan yang tampil di sosial media, pemanfaatan SEO, iklan yang tampil pada Google dan e-mail marketing yang banyak dijumpai beberapa waktu terakhir.

  • Bermitra dengan dropshipper dan reseller

Bila bisnis yang dijalankan telah memiliki beragam produk yang dijual, maka penerapan sistem dropship maupun reseller dapat dijalankan. Umumnya sebagai bisnis pemula, dropshipper dapat menjadi opsi yang dijalankan karena mitra tidak perlu menstok barang.

Selain itu bisnis juga dapat dilakukan secara reseller, dimana pelanggan dapat dijadikan sebagai agen yang membantu dalam mempromosikan produk kepada orang lain sehingga dapat lebih membantu strategi pemasaran menjadi lebih luas.

Kesimpulan

Menerapkan strategi marketing yang efektif diperlukan agar produk atau jasa dapat berjalan dengan baik dan dikenal oleh konsumen. Seperti pada TaoBao Indonesia yang berhasil menjalankan layanan jasa pengiriman setelah menerapkan strategi marketing yang efektif.

Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Sekian dan terima kasih.