Tips Menjaga Rumah Tetap Bersih dan Nyaman

Rumah itu sebagai tempat berlindung agar tidak terkena panas maupun hujan dan sebagai tempat istirahat maupun untuk melakukan kegiatan lainnya. Jika Anda malas membersihkan rumah maka akan kotor, bau dan tidak nyaman. Hal tersebut akan menimbulkan munculnya banyak serangga seperti kecoa, lalat, nyamuk bahkan tikus. Sehingga Anda perlu lakukan Pest Control. Rumah yang terawat akan membuat nyaman dan bersih untuk ditinggali.

Cara Menjaga Kebersihan Rumah

Untuk menjaga kenyamanan tinggal di rumah , berikut akan dijelaskan cara membersihkan rumah:

  • Bersihkan lantai

Bersihkan lantai setiap hari menggunakan sapu. Perhatikan sela-sela seperti kolong-kolong lemari. Lalu pel semua ruangan rumah, tambahkan cairan pewangi. Dengan tambahan pewangi rumah menjadi wangi dan dapat membunuh kuman.

  • Bersihkan tempat tidur

Setelah bangun tidur rapihkan tempat tidur dan bersihkan kasur juga. Rutinnya untuk mengganti seprei dan selimut agar tidak membuat kulit Anda gatal. Janganlah makan atau ngemil di kasur karena membuat kotor tempat tidur Anda.

  • Bersihkan dapur

Dapur sebagai tempat untuk memasak. Pastinya Anda memerlukan bahan makanan dan alat masak. Setelah memasak kondisi dapur akan berantakan dan kotor. Maka rutinlah membersihnya setelah Anda selesai masak. Jangan menunda-nunda cuci piring karena akan muncul serangga yaitu kecoa, lalat, semut bahkan tikus.

  • Rajin mencuci pakaian

Kegiatan sehari-hari tentu menggunakan pakaian. Pakaian setelah digunakan akan kotor. Rajinlah mencuci pakaian dan penunjang lainnya seperti peralatan ibadah, karpet, handuk dan lainnya. Jangan terlalu menumpuk pakaian karena akan menimbulkan bau tidak sedap. Hal itu akan mengundang nyamuk bahkan kecoa.

  • Membuang sampah setiap hari

Kegiatan sehari-hari di rumah akan menghasilkan sampah, seperti dari kamar mandi, dapur, dan ruangan lainnya. Buanglah sampah setiap hari, sebab jika kalian tidak membuangnya akan muncul semut karena makanan manis tidak dibuang, tikus yang menyukai semua sisa makanan, dan kecoa yang suka lingkungan kotor.

  • Bersihkan kamar mandi

Kamar mandi selalu digunakan tiap harinya. Munculnya bakteri dan kuman karena kelembapan kamar mandi yang tinggi. Selain munculnya bakteri akan mengundang kecoa karena kamar mandi yang kotor. Sehingga bersihkan kamar mandi setiap dua hari sekali. Agar nyaman saat menggunakan kamar mandi.

Itulah cara menjaga agar rumah Anda nyaman ditinggali. Nyamannya rumah tidak akan menimbulkan stres pada Anda sehingga akan produktif melakukan kegiatan di rumah. Jika rumah Anda sudah tidak bersih dan muncul banyak serangga serta hewan bersifat hama.

Lakukan Pest Control (suatu usaha untuk mematikan dan mengurangi serangga dan hewan yang merusak atau mengganggu/hama). Jika kalian tidak menjaga rumah selain tidak nyaman akan menimbulkan beberapa penyakit.

Efek Tidak Membersihkan Rumah Untuk Kesehatan   

Kesehatan tubuh dan mental dipengaruhi salah satunya oleh kebersihan rumah dan lingkungannya. Namun beberapa orang banyak yang malas untuk membersihkan rumah. Akibatnya akan timbul berbagai macam penyakit. Berikut akan kami jelaskan penyakit yang timbul jika tidak rajin membersihkan rumah:

  • Mengakibatkan Flu

Rumah yang jarang dibersihkan akan banyak debu. Debu akan menempel disemua benda ataupun lainnya. Banyaknya debu mudah terserap oleh hidung, sehingga akan mengakibatkan bersin hingga flu. Debu membuat udara rumah menjadi kotor karena udara terkontaminasi mikroorganisme yang menyebabkan alergi pernafasan.

  • Leptospirosis

Jika Anda tidak pernah membuang sampah, tikus akan muncul. Tikus akan mencari makanan dari baunya makanan. Tikus yang masuk ke rumah akan membawa bakteri yang bisa menimbulkan penyakit leptospirosis. Penyakit yang disebarkan melalui urine dan darah tikus.

Bahkan jika Anda tergigit tikus bisa menyebabkan penyakit (RBF) rat bit fever dan LCM karena tikus  membawa virus rabies. Sehingga and harus rajin membersihkan rumah dan jika perlu tutup bagian-bagian sempit area rumah Anda agar tikus tidak masuk.

  • Iritasi Kulit

Peralatan rumah seperti karpet, bantal sofa, sofa, kasur, seprei dan lainnya, jika tidak rajin dicuci akan mengakibatkan gatal dan iritasi kulit. Jika benar-benar tidak membersihkan hingga bertahun-tahun akan muncul kutu dan tungau yang dapat mengganggu kenyamanan di rumah.

  • Diare

Diare bisa disebabkan karena peralatan untuk masak dan bahannya yang tidak dibersihkan. Banyak bakteri seperti E.coli, Listeria, dan Salmonella yang menempel di bahan makanan dan peralatan masak. Jika tertelan maka menimbulkan sakit perut bahkan diare. Sehingga Anda wajib membersihkan bahan makanan dan peralatan masak dengan bersih.

  • Asma

Rumah yang lembab, berdebu, dan berjamur akan menyebabkan asma. Bagian-bagian yang jarang dibersihkan seperti bawah tempat tidur, langit-langit dan gudang rumah harus dibersihkan. Saat membersihkan rumah gunakan masker agar tidak terhirup hidung.

  • Demam Berdarah

Area rumah yang terdapat air seperti di kolam renang, kolam ikan, akuarium, kamar mandi, dan lainnya yang terdapat air dapat menimbulkan penyakit jika tidak dibersihkan. Penampung yang terdapat air kotor akan menjadi sarang nyamuk yaitu Aedes aegypti yang dapat menyebabkan demam berdarah. Demam berdarah bisa mengakibatkan kematian. Maka dari itu bersihkan tempat yang memiliki penampung berisi air.

Itulah beberapa cara membersihkan rumah dan akibat jika tidak membersihkan. Bagi kalian yang sangat sibuk dengan aktivitas di luar rumah dan tidak memiliki waktu untuk membersihkan kalian bisa menggunakan jasa pengusir serangga dan hama.

Lakukan Pest Control untuk mengurangi serangga seperti nyamuk, lalat, dan kecoa. Serta mematikan hewan pengganggu dan merusak seperti tikus. Pengendaliannya seperti misting (pengembunan), spraying (penyemprotan), baiting (pengumpanan), fogging (pengisapan), fumigation (penggasan), dan dusting (pemberian bubuk). Tujuan melakukan pengendalian tersebut agar sehat dan nyaman bagi kehidupan manusia baik di rumah, tempat kerja, di kota maupun desa.