Alasan Pengacara Mempunyai Peranan Penting dalam Bisnis

Dengan adanya hukum di Indonesia membuat kita harus selalu berhati-hati dalam melakukan segala aktivitas atau kegiatan apa pun, karena semuanya pasti berkaitan dengan aturan, hak, dan kewajiban dalam bermasyarakat dan bernegara.

Bantuan seorang pengacara seperti di kantor pengacara Jakarta pasti dibutuhkan. Ketika kejadian yang tidak diinginkan terjadi dan membuat kita harus berurusan dengan meja hijau, untuk melakukan pendampingan serta bantuan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Adanya pengacara sangat berperan penting bagi penyelesaian masalah yang kita hadapi, pengacara akan membela klien pada persidangan tentunya dengan bukti-bukti kuat yang ada. Dengan begitu kita harus bijak dalam memilih pengacara, terutama memilih pengacara yang sudah berpengalaman dan berhasil dalam menangani setiap kasusnya.

Apa Itu Pengacara

Seorang pengacara merupakan orang yang mempunyai profesi untuk memberi layanan hukum kepada masyarakat, pelayanan hukum tersebut bisa saja terjadi di dalam atau di luar pengadilan dan yang pasti dapat memenuhi syarat-syarat yang ada berdasarkan UU Pengacara.

Pelayanan yang diberikan oleh seorang pengacara yaitu seperti, konsultasi tentang hukum, bantuan hukum, mewakili, melakukan pendampingan hukum, menjalankan kuasa, serta melakukan pembelaan. Semua itu dilakukan berdasarkan penelitian kasus dan juga pengacara mempelajari kasus agar nantinya bisa melakukan pendampingan kepada klien.

Tugas dan Fungsi Pengacara

1. Memberikan Nasihat Hukum

Tugas pemberian nasihat hukum kepada klien tentunya dilakukan setelah pengacara melakukan analisis tentang situasi hukum, lalu menyelidiki fakta-fakta, dan memahami permasalahan yang dihadapi seorang klien sehingga mampu memberikan nasihat yang sesuai dengan hukum yang dihadapinya.

2. Representasi Hukum

Pengacara juga sebagai juru bicara bagi klien baik dalam pengadilan atau dalam hal negosiasi, tentunya dengan mempersiapkan dokumen-dokumen hukum, menyusun argumen, dan melakukan pembelaan untuk kepentingan klien.

Baca juga : 5 Peluang Bisnis Di Dunia Musik

3. Penelitian Hukum

Dalam menyelesaikan masalah, seorang pengacara perlu melakukan penelitian hukum agar mendapatkan peraturan hukum yang relevan dengan permasalahan yang dimiliki oleh klien. Dengan adanya penelitian hukum maka dapat membantu menyiapkan kasus, argumen hukum, serta memahami implikasi hukum.

4. Penyelesaian Sengketa

Proses penyelesaian sengketa yang berada di luar pengadilan seperti negosiasi, mediasi, ataupun arbitrase semuanya melibatkan seorang pengacara, demi mencapai suatu kesepakatan yang pastinya menguntungkan klien dan juga meminimalkan perselisihan yang terjadi.

5. Konsultasi dan Pendampingan Hukum

Sudah menjadi tugas umum bagi seorang pengacara adalah menjadi tempat konsultasi hukum, memberikan jawaban dari pertanyaan seputar hukum, dan juga melakukan pendampingan hukum seperti, interogasi, mediasi, ataupun persidangan.

6. Perlindungan Hak-hak

Seorang pengacara juga mampu melakukan perlindungan atas hak-hak dari klien mereka, baik hak individu ataupun hak kelompok. Mereka berjuang untuk sebuah keadilan yang dibutuhkan oleh klien mereka.

7. Etika Profesional

Etika yang harus dimiliki oleh seorang pengacara profesional yaitu mampu menjaga rahasia klien, berperilaku secara etis, mampu menjaga kepercayaan yang sudah diberikan oleh klien, dan juga patuh terhadap standar peraturan yang sudah ditetapkan oleh badan hukum.

8. Penulisan dan Review Dokumen Hukum

Dokumen-dokumen hukum yang harus ditulis dan juga direview adalah kontrak, perjanjian, pernyataan hukum atau gugatan, memastikan bahwa dokumen tersebut sudah memenuhi persyaratan hukum, kepentingan klien juga terlindungi, dan juga risiko hukum dapat diminimalkan.

Alasan Penting Menggunakan Pengacara

Dalam dunia bisnis kita pasti tidak akan lepas dari beberapa hal yang berkaitan dengan bisnis seperti perizinan, ketenagakerjaan, dan perjanjian bisnis yang pastinya tidak bisa kita urus sendiri sehingga harus membutuhkan seorang pengacara.

Kita akan butuh untuk berkonsultasi tentang hukum dengan seorang pengacara, karena tidak semua dari kita mengetahui tentang hukum-hukum dalam bisnis. Jika kita mengabaikan hal tersebut maka cepat atau lambat kita akan mengalami kerugian dalam bisnis karena ketidaktahuan kita.

Agar bisnis kita terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan dan berkaitan dengan hukum, maka kita perlu tahu alasan mengapa kita wajib menggunakan jasa pengacara profesional untuk pendampingan bisnis.

1. Berperan Penting dalam Negosiasi

Dalam dunia bisnis, negosiasi sangatlah penting untuk mencegah adanya kesalahpahaman saat melakukan komunikasi tentang kontrak dasar. Kegiatan negosiasi memang bisa lakukan sendiri, namun dalam dunia bisnis negosiasi harus dilakukan oleh seorang yang profesional seperti seorang pengacara yang pasti mempunyai kemampuan negosiasi yang lebih baik.

Kesalahpahaman dalam komunikasi bisnis nantinya akan berakibat kerugian bagi salah satu pebisnis tersebut, maka dari itu kita membutuhkan pengacara yang profesional serta memiliki kemampuan bernegosiasi dan juga pengetahuan tentang ilmu hukum yang lebih luas. Dengan adannya pendampingan dari pengacara, maka dalam penyusunan kontrak kerja bersama rekan bisnis akan lebih mudah dilakukan.

2. Mencegah dan Memulihkan Kerugian Klien

Adanya pengacara dalam proses pendampingan hukum sangat penting karena dapat mencegah terjadinya kerugian dan juga bisa memulihkannya kembali. Saat kita sudah berurusan dengan meja hijau, tak banyak yang dapat kita lakukan karena pemahaman tentang hukum kita mungkin tidak seluas pengacara.

Itulah kenapa penting untuk kita meminta pendampingan dari seorang pengacara, karena pengacara dapat menyelesaikan perselisihan dengan baik. Seorang pengacara akan melakukan tugasnya yaitu dengan mengajukan tuntutan kepada seseorang yang dianggap telah merugikan kliennya.

3. Penasihat Hukum Bagi Klien

Peran penting seorang pengacara selain sebagai negosiator adalah juga sebagai penasihat hukum, saat kita mengalami permasalahan hukum kemudian berkonsultasi dengan seorang pengacara maka kita akan mendapatkan perlindungan hukum.

Kita juga harus memastikan bahwa pengacara yang kita gunakan adalah pengacara yang profesional dan terpercaya seperti kantor pengacara Jakarta dalam memberikan nasihat terbaik. Karena setiap permasalahan yang kita konsultasikan maka pengacara akan memberikan pendapat, pertimbangan, dan juga memberikan solusi terbaik untuk pemecahan suatu masalah yang kita hadapi.

4. Mencegah Terjadinya Kesalahan Penyusunan Dokumen

Adanya pendampingan hukum dari seorang pengacara pada bisnis yang kita jalankan adalah untuk mencegah terjadinya kesalahan pada penyusunan suatu dokumen, seperti surat gugatan, jawaban, hasil dari negosiasi, dan juga segala dokumen yang berkaitan dengan klien. Dokumen-dokumen tersebut harus selalu dijaga agar saat proses persidangan berlangsung tidak ada kesalahan atau kehilangan pada dokumen.

5. Perlindungan Terhadap Tuntutan Hukum

Seorang pengacara dapat melindungi Anda dari tuntutan hukum jika Anda memang tidak melakukan kesalahan, namun pengacara hanya dapat mengurangi tuntutan dan tidak bisa melindungi sepenuhnya.

6. Penggabungan Usaha

Saat melakukan kerja sama dengan pebisnis lainnya, kita akan memerlukan seorang pengacara yang memahami setiap proses yang ada pada perjanjian kerja sama. Pentingnya meminta bantuan pengacara yang memahami tentang hukum-hukum yang ada dalam bisnis, agar kita tidak mengalami masalah dikemudian hari.

7. Permohonan Paten

Saat kita membuat pengembangan dalam produk atau layanan baru, tentu kita harus melakukan proses paten untuk produk atau layanan tersebut. Namun jika dilakukan sendiri akan memakan waktu yang lama dan juga biaya yang tidak sedikit, oleh karena itu kita membutuhkan seorang pengacara paten dari kantor pengacara Jakarta untuk melakukan setiap prosesnya dengan mudah dan tepat waktu.