Tips Memilih Importir Untuk Bisnis Anda

Saat ini jasa import barang dari China sudah menjadi andalan perusahaan-perusahaan yang ada di dalam negeri. Seperti yang diketahui beberapa dekade terakhir ini China telah menjadi pusat manufaktur secara global serta telah menawarkan bermacam-macam produk yang memiliki harga kompetitif untuk pengusaha yang ada di seluruh dunia.

Strategi bisnis yang dilakukan dengan mendatangkan barang impor dari China ini dinilai dapat memperluas lini produk yang bertujuan untuk memperoleh barang dengan harga terendah. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam memilih jasa import dari China yang tepat.

Tips Menentukan Jasa Import yang Tepat

Hasil kerja sama antara Indonesia dengan China cukup mempengaruhi berbagai sektor termasuk sektor perdagangan. Oleh sebab itu tidak heran apabila Anda pasti sering menemukan berbagai produk dari China mulai dari barang elektronik hingga aksesoris HP sekalipun. Bahkan berbagai produk seperti sayur, sembako dan kebutuhan rumah tangga lainnya juga kini bisa Anda dapatkan dari importir China.

Keberadaannya yang populer dan banyak peminatnya ini tentu membuat Anda tertarik dengan aktivitas impor yang satu ini. Meski begitu dalam melakukan aktivitas ini Anda harus mengetahui berbagai tips dan trik yang tepat dilakukan. Yuk simak penjelasan berikut.

1. Pilih importir resmi

Hal pertama yang wajib Anda perhatikan adalah pastikan bahwa jasa impor yang Anda pilih merupakan importir resmi. Hal tersebut karena biasanya importir resmi akan menawarkan berbagai kemudahan mulai dari survei produk, tawar menawar hingga saat belanja.

Jadi Anda tidak perlu khawatir meskipun belum memiliki pengalaman dalam membeli barang impor. Hal tersebut karena importir yang resmi pasti akan siap membantu Anda baik dalam proses pengiriman ataupun saat melakukan survei produk.

2. Pengalaman dan reputasi

Tips yang wajib diperhatikan selanjutnya adalah pengalaman jasa importir dalam industri tersebut serta reputasi yang dimiliki. Perusahaan dengan rekam jejak baik akan mempunyai pemahaman terkait regulasi, proses serta peraturan yang ada pada perdagangan Internasional.

Tidak hanya itu, reputasi juga harus dipertimbangkan pasalnya hal ini akan mempengaruhi layanan yang diberikan jasa importir kepada klien. Anda bisa mencari tahu reputasi perusahaan tersebut dengan memeriksa berbagai testimoni yang diberikan klien sebelumnya apakah bernilai positif atau tidak. Dalam hal ini testimoni atau reputasi yang bernilai baik jika kualitas layanan yang diberikan baik serta adanya ketepatan waktu saat pengiriman.

3. Jaringan dan kemitraan

Tips selanjutnya pilihlah jasa impor yang sudah mempunyai banyak jaringan. Hal tersebut karena jaringan yang luas ini memungkinkan jasa impor mempunyai akses yang banyak dalam memastikan klien memperoleh harga kompetitif serta kualitas produk yang baik. Luasnya jaringan ini juga salah satunya bisa membantu untuk mengatasi masalah logistik maupun pengiriman.

4. Kemampuan komunikasi

Dalam segala sektor komunikasi menjadi kunci penting berjalannya bisnis tersebut tak terkecuali di sektor bisnis impor ini. Jadi pastikan bahwa jasa impor yang dipilih mempunyai kemampuan komunikasi yang baik serta bisa berkomunikasi dengan klien secara jelas ataupun tepat waktu.

Tidak hanya sekedar komunikasi saja namun pastikan bahwa kemampuan komunikasi yang dimiliki jasa impor ini dalam bahasa yang Anda mengerti. Dengan begitu dapat menghindari kesalahpahaman ataupun kesalahan yang bisa mengganggu proses impor. Berkaitan dengan komunikasi, pastikan juga bahwa jasa impor memiliki customer service yang baik.

Hal ini penting untuk dipertimbangkan sebab customer service yang baik akan menempatkan kepuasan pelanggan menjadi prioritas utama. Jadi pastikan jasa import barang dari China ini memiliki CS yang responsif terhadap pertanyaan maupun kekhawatiran yang diajukan oleh para klien serta siap membantu untuk menyelesaikan masalah yang terjadi.

5. Biaya dan transparansi

Biaya dan transparansi juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Pastikan bahwa jasa impor yang dipilih memiliki struktur biaya yang jelas. Anda bisa menanyakan terkait harga barang tersebut, biaya pengiriman ataupun biaya bea masuk termasuk asuransi dan juga biaya pengemasan barang yang akan diimpor.

Dengan begitu Anda dapat memperkirakan jumlah biaya yang perlu dikeluarkan. Pastikan tidak ada biaya yang tersembunyi yang dimunculkan di kemudian hari.

Transparansi ini akan membantu Anda untuk menghindari adanya kejutan yang tidak diinginkan maupun membantu Anda dalam merencanakan anggaran menjadi lebih baik. Hal terakhir terkait biaya, Anda juga bisa melakukan negosiasi terkait harga dengan importir ya karena Anda akan melakukan penjualan dalam jumlah yang banyak misalnya.

6. Pastikan jalur pengiriman yang digunakan

Tidak hanya biaya saja namun Anda juga perlu mengetahui jalur pengiriman yang akan dilakukan oleh importir. Perlu diingat bahwa jalur pengiriman barang impor terdiri dari tiga jalur diantaranya jalur darat, laut dan juga udara. Ketiganya tentu saja mempunyai kelebihan ataupun kekurangannya masing-masing.

Apabila produk yang diimpor tidak terburu-buru untuk dipakai dan biaya murah yang Anda inginkan maka Anda bisa memilih jalur darat karena barang sampai akan lebih lama. Namun jika Anda ingin sedikit lebih cepat Anda bisa memilih jalur laut dan biayanya akan lebih murah.

Sementara untuk jalur pengiriman udara dinilai menjadi jalur pengiriman terbaik karena proses pengirimannya lebih cepat dari kedua jalur pengiriman di atas. Namun perlu diingat bahwa biaya pengirimannya juga akan lebih mahal.

7. Keandalan dan kenyamanan

Pastikan juga bahwa jasa impor yang dipilih ini bisa diandalkan serta menjamin keamanan pada pengiriman barang. Jasa impor wajib mempunyai prosedur yang ketat dalam mengamankan barang saat pengiriman serta memberikan jaminan untuk barang bisa sampai secara tepat waktu dan juga aman. Selain dalam proses pengiriman pastikan juga importir yang dipilih ini menjaga keamanan dalam pembayaran.

Pastikan importir yang dipilih adalah importir terpercaya yang sangat mengedepankan transparansi pada setiap transaksi agar Anda terhindar dari penipuan apapun. Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam memilih jasa impor yang tepat.

Sebelum memilih jasa import barang dari China ini pastikan Anda sudah mengantongi informasi lengkap tentang jasa impor yang dipilih. Beberapa hal yang sudah di atas bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sehingga proses pemilihan dapat dilakukan lebih mudah.