Cara Cerdas Memulai Bisnis Konveksi Rumahan Paling Jitu

Pakaian adalah termasuk kebutuhan pokok manusia. Dimana Pakaian manusia ini dari hari ke hari kian mengalami perubahan fungsi serta tren. Hal tersebut menjadikan bisnis dari pakaian atau konveksi menjadi sebuah bisnis yang tak pernah mati. Konveksi disini pun bermacam-macam, misalkan konveksi pembuatan jersey, kerudung, baju muslim, baju sekolah dan sebagainya.

Walaupun bukan peluang bisnis yang cukup besar, namun bisnis pakaian atau konveksi ini pada kenyataannya masih menjadi sebuah peluang usaha yang memang masih banyak mulai dirintis bagi pengusaha pemula. Apabila Anda ingin merintis sebuah bisnis konveksi atau pakaian dengan modal yang tidak banyak atau terbatas, maka Anda dapat mengetahui beberapa tips-tipsnya dalam membangun bisnis tersebut.

Tips Membangun Bisnis Konveksi Rumahan

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memulai sebuah bisnis di bidang konveksi rumahan.

  1. Modal usaha

Di Setiap bisnis tentunya membutuhkan modal awal, begitu juga dalam berbisnis konveksi. Dimana sebenarnya modal dari bisnis konveksi ini tergantung kepada persiapan serta strategi Anda. Apabila Anda akan memproduksi langsung atau sistem ready stock maka tentu Anda juga akan membutuhkan modal awal yang cukup besar. Akan tetapi jika Anda akan menerapkan sistem pra-pemesanan atau pre-order maka modal yang dibutuhkannya pun tidak terlalu besar. Dimana Modal dalam membuat sebuah bisnis konveksi ini biasanya memang digunakan untuk produksi serta promosi.

  1. Menetapkan Supplier

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memulai sebuah bisnis konveksi yaitu  supplier. Dimana Supplier ini terdiri dari beberapa komponen yaitu bahan konveksi, tenaga penjahit, percetakan, kemasan, serta label untuk pakaiannya. Hal tersebut sebenarnya dapat disesuaikan dengan budget serta strategi dari penjualan yang akan Anda ambil.

  1. Jenis Produk

Persiapan awal ketika Anda memulai berbisnis konveksi yaitu menentukan jenis produk apa yang akan Anda buat. Apakah Anda akan membuat konveksi dengan memproduksi pakaian untuk laki-laki atau wanita, untuk anak-anak ataupun untuk orang dewasa, lalu jenis kemeja atau jenis kaos, misalnya jenis konveksi pembuatan seragam sekolah, pembuatan kaos, atau pembuatan jersey. Anda harus memerhatikan terlebih dahulu keperluan dari produk Anda tersebut. Apakah keperluan untuk formal, jenis casual, atau perayaan, dan atau seragam.

  1. Membangun brand

Sama seperti bisnis lainnya yang membuka bisnis untuk konveksi juga memerlukan sebuah kepercayaan dari customer. Kepercayaan yang dibangun ini supaya reputasi dari bisnis ini dapat dikenal secara baik oleh customer. Kepercayaan ini dapat Anda bangun dengan misalnya membuat konten yang dilakukan melalui media promosi yaitu seperti melalui blog dan Instagram. Anda juga dapat Bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan lainnya atau media, dan memberikan pengetahuan mengenai produk serta bukti produk kepada customer.

  1. Siapkan Strategy dan Marketing Tools

Strategi marketing atau pemasaran yang baik akan sangat berpengaruh dengan sebuah bisnis konveksi Anda tersebut. Anda juga dapat memilih sistem penjualan B2B atau Business to business (B2B) atau dengan kata lainnya menjual produk Anda tersebut kepada sebuah institusi dan perusahaan ataupun penjualan dengan sistem B2C atau Business-to-consumer yaitu penjualan produk kepada masyarakat secara umum. Dalam membangun bisnis konveksi ini sistem B2B dapat berupa menjual pakaian seragam atau pakaian perayaan. Berbeda dengan B2C, Anda bisa menjual pakaian-pakaian yang formal ataupun Casual.

  1. Amati Tren pada pasar

Yang perlu di lakukan oleh pebisnis adalah tren pasar. Kesalahan yang acap kali dilakukan oleh seorang pebisnis konveksi yaitu mereka tidak bisa membaca sebuah tren pasar. Dimana membaca tren pasar ini terutama pada pebisnis konveksi merupakan hal yang wajib dan perlu dilakukan. Hal ini karena pakaian sendiri mengalami perubahan tren dari waktu ke waktu. Misalnya tren tahun 2015 pada tren kaos polos. Dan tren yang sebelumnya tentang tren kaps jersey.

Pembuatan Pakaian Sesuai Pasar

Dengan demikian haruslah Membaca situasi pasar, hal ini berarti Anda dapat mengetahui kemauan serta kebutuhan konsumen. Dengan berbisnis konveksi pembuatan jersey pada tahun itu yang memang pada saat itu sedang di gemari dan di butuhkan oleh banyak orang.