7 Pekerjaan Paling Menjanjikan di Tahun 2020

Memasuki tahun 2020, dan menyongsong abad baru selepas tahun ini, terdapat jenis pekerjaan yang nyatanya dinilai sebagai beberapa yang paling menjanjikan. Anda mungkin sudah siap dengan pencarian info lowongan kerja, kelengkapan dokumen lamaran kerja, hingga persiapan diri untuk dapat bersaing dan bertahan di dunia kerja. Apa saja pekerjaan paling menjanjikan di tahun 2020 ini?

7 Jenis Pekerjaan yang Paling Menjanjikan

Sebagai referensi awal, tidak kurang dari 5 juta pekerjaan diperkirakan akan hilang di tahun 2020, menurut World Economic Forum (WEF). Hal ini dapat terjadi tidak lain karena perkembangan teknologi dan berubahnya tren seiring berjalannya waktu. Untuk membantu Anda mencari info lowongan kerja, serta dapat memiliki rekam kerja dan karier yang lebih gemilang nantinya. Berikut adalah 7 pekerjaan yang masih bersifat menjanjikan di tahun 2020:

  • Digital Marketer

Jenis pekerjaan yang mengacu pada pemanfaatan dan pengembangan teknologi masih merajai daftar paling menjanjikan untuk dijajal. Tak terkecuali jenis pekerjaan di bidang digital marketing yang kian banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Sebagai seorang digital marketer, Anda harus menguasai ketrampilan SEO, SEM, analisis data, hingga CMS, serta tentunya familiar akan penggunaan teknologi dan media sosial. Peran seorang digital marketer bagi perusahaan begitu besar karena akan memasarkan produk dengan sasaran atau target yang tepat.

  • Dana Analyst

Dapat dikatakan, hampir seluruh industri masa kini membutuhkan seorang data analyst yang handal. Pada pekerjaan ini, Anda dituntut untuk dapat membaca data maupun menyiapkan proyeksi akan berbagai kemungkinan yang dapat terjadi, hingga mengubah angka menjadi laporan. Seperti yang sudah Anda duga, jenis pekerjaan ini membutuhkan kekuatan hitungan dan analisis yang kuat.

  • Programmer atau IT Developer

Apakah Anda lulusan bidang telekomunikasi? Jika iya, Anda bisa bernapas lega karena peluang kerja untuk seorang programmer, IT developer, system engineer, hingga cyber security expert terbuka lebar di tahun ini. Perusahaan memerlukan seseorang yang mampu mengembangkan bidang kerjanya, serta melindungi apa yang telah ia jalankan. Maka dari itu, seseorang yang ahli di bidang IT akan sangat dicari dan diandalkan dalam perusahaan.

  • Product Designer

Kreativitas harus ditunjukkan seseorang yang ingin sukses bekerja di tahun ini. Seorang desainer produk, baik yang memanfaatkan aplikasi maupun rancangan langsung, akan banyak dibutuhkan seiring meningkatnya bidang usaha baru. Anda sebaiknya mampu menciptakan dan menuangkan ide ke dalam presentasi produk dan pengembangannya.

  • Insinyur atau arsitek

Profesi insinyur atau arsitek diprediksi akan terus meningkat bahkan hingga 4 tahun ke depan. Profesi ini banyak diminati tidak hanya untuk keperluan bangunan maupun infrastruktur, tetapi juga kemajuan teknologi kesehatan dan ilmiah yang terus mengalami perubahan setiap tahunnya.

  • Pekerja di industri kreatif

Senangnya bekerja di industri kreatif adalah tidak hanya mampu mengeksplorasi karya seni dan nilai estetik dalam diri, tetapi juga mampu berkecimpung di bidang kerja yang prospeknya bagus. Industri kreatif kini tengah naik daun. Seseorang dengan bakat di bidang kepenulisan, fotografi dan videografi, animasi, game, seni rupa, hingga kuliner akan sanggup masuk ke ranah ini dan menjadi tenaga kerja yang beruntung.

  • Dokter dan Personal Trainer

Tidak afdol rasanya jika tidak menyebutkan kedua jenis pekerjaan ini karena info lowongan kerja untuk dokter dan personal trainer masih sangat banyak di Indonesia. Permintaan akan dua profesi ini akan tetap meningkat seiring dengan semakin tingginya kebutuhan hidup sehat masyarakat.